EKSPLORASI STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DESA WISATA: STUDI KUALITATIF DI DESA WISATA PUNDEN MBAH RECO GANGGANGPANJANG, KECAMATAN TANGGULANGIN, KABUPATEN SIDOARJO
- Authors
-
-
Widia Helita
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
-
- Keywords:
- Digital Marketing, Brand Awareness, Desa Wisata, strategi, kualitatif, media sosial, konten visual, influencer, komunitas lokal
- Abstract
-
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi digital marketing yang efektif dalam meningkatkan brand awareness Desa Wisata Punden Mbah Reco Gangganganpanjang, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo. Menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan pengelola desa wisata, pengunjung, dan ahli digital marketing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, konten visual menarik, kolaborasi dengan influencer lokal, dan kampanye digital yang terstruktur dapat secara signifikan meningkatkan brand awareness desa wisata. Selain itu, keterlibatan aktif komunitas lokal dalam menciptakan konten dan mempromosikan desa wisata juga ditemukan sebagai faktor kunci dalam keberhasilan strategi digital marketing. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi berbagai teknik digital marketing yang disesuaikan dengan karakteristik lokal dapat secara efektif meningkatkan profil dan daya tarik Desa Wisata Punden Mbah Reco Gangganganpanjang
- References
-
V. Karunia Mulia Putri, “Desa Wisata: Pengertian, KarakteristikManfaat.”
D. Untuk, M. Salah, S. Syarat, G. Memperoleh, G. Sarjana, and N. Afni, “PERAN DIGITAL MARKETING SABAGAI STRATEGI DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA TOKO,” 2023.
M. J. Ekonomi et al., “Strategi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Kreatif Dalam Pemasaran Media Sosial Tiktok Brand Tenue De Attire ( SMMA ) ( Alessandro , 2020 ). Pada pertengahan tahun 2021 , TikTok meluncurkan fitur TikTok,” vol. 2, no. 3, 2024.
V. C. N. Mamuaja, A. P. Kumaat, and P. R. Rambing, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Brand Awareness Produk Unggulan Daerah Minuman Berbahan Dasar Nira Aren,” vol. 1, no. 1, 2022.
S. Hermawan and M. Si, “Metode penelitian bisnis”.
Sugiyono Prof Dr, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”.
- Downloads
- Published
- 2024-05-29
- Section
- Article
- Categories
- License
-
Copyright (c) 2024 Widia Helita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Zokir Mamadiyarov, SECURITY ISSUES IN BLOCKCHAIN TECHNOLOGY , International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing: Vol. 1 No. 3 (2024): International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing
- Ikramova F.S., Jaxonov O.O., TREATMENT OF CHRONIC ADENOIDITIS IN CHILDREN , International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing: Vol. 1 No. 4 (2024): International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing
- Luke Farrer Azsyams, Alshaf Pebrianggara, Istian Kriya Almanfaluti, ANALYSIS OF THE LSTM MODEL ON THE DEMAND PATTERNS OF INDONESIAN TRADITIONAL COOKIES IN ONLINE MARKETPLACES , International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing: Vol. 2 No. 10 (2025): International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing
- Mochammad Rakha Abimanyu, Istian Kriya Almanfaluti, Bayu Hari Prasojo, THE IMPACT OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) ON PRODUCT AND SERVICE INNOVATION IN MICRO, SMALL, AND MEDIUM ENTERPRISES (MSMES) AMONG GENERATION Z ENTREPRENEURS , International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing: Vol. 2 No. 10 (2025): International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing
- Ramadhani Dwi Priyanto, Alshaf Pebrianggara, Mochamad Rizal Yulianto, THE INFLUENCE OF TIKTOK SHOP’S PREDATORY PRICING ON CONSUMER ATTRACTION AND PURCHASING DECISIONS OF FASHION PRODUCTS AMONG GENERATION Z , International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing: Vol. 2 No. 10 (2025): International Journal of Artificial Intelligence for Digital Marketing
You may also start an advanced similarity search for this article.













